Selasa, 04 Januari 2011

Perambahan Hutan Lindung di Nagan Semakin Marak

Wed, Dec 29th 2010, 11:45

JEURAM - Meski Pemerintah Aceh telah melarang penebangan kayu, namun perambahan hutan lindung maupun kawasan hutan lainnya di lintasan Jeuram-Takengon, kawasan Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya hingga kini semakin marak. Bahkan aparat pemerintah yang bertugas menjaga kawasan hutan supaya tak rusak, hingga kini belum bisa berbuat banyak, dan aksi penebangan terus terjadi.

Plt Kepala Dinas Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nagan Raya, H Zainal Abidin, melalui Kabid Kehutanan, Yanti menjawab Serambi, Selasa (28/12) kemarin mengatakan, penebangan hutan lindung maupun kawasan hutan lainnya yang terjadi di Kecamatan Beutong kawasan pegunungan Singgah Mata kini semakin sulit dicegah.

Pasalnya, aksi penebangan hutan yang dilakukan oleh masyarakat menggunakan mesin pemotong itu terus dilakukan setiap hari. Sedang petugas polisi hutan (polhut) yang ditempatkan dikawasan tersebut hingga kini belum tak bisa berbuat banyak.

Menurut Yanti, kawasan hutan lindung dan hutan lainnya yang kini telah berhasil dirambah dan ditebang oleh masyarakat di kawasan Pegunungan Singgah Mata di Kecamatan Beutong itu kini semakin luas dan mengkhawatirkan. Bahkan ia juga mengakui bahwa beberapa waktu lalu pernah dilakukan patroli secara terpadu bersama petugas dari Provinsi Aceh guna memberantas illegal logging, namun hal itu dinilai tak efektif dikarenakan perambahan hutan hanya berhenti sesaat saja.(edi)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar