Selasa, 04 Januari 2011

Longsor di Lintasan Jeuram-Takengon Makin Parah

Tue, Dec 28th 2010, 11:42


Longsor badan jalan di lintasan Jeuram-Takengon kawasan Pegunungan Gunung Singgah Mata, Kecamatan Beutong, Nagan Raya kini semakin memprihatinkan. Bila tak segera ditangani, maka ruas jalan provinsi yang selama ini menghubungkan ke sejumlah kabupaten di bagian tengah Aceh itu terancam putus. Foto direkam Selasa (21/12) lalu.SERAMBI/DEDI ISKANDAR

JEURAM - Akibat terus menerus diguyur hujan, ruas jalan Jeuram, Nagan Raya-Takengon, Aceh Tengah di kawasan kawasan gunung Singgah Mata, Beutong kini terancam putus. Bahkan lokasi longsor itu juga makin banyak.

Bupati Nagan Raya, Drs HT Zulkarnaini, kepada wartawan, Senin (27/12) mengakatan, kondisi jalan provinsi itu selama ini memang cukup mengkhawatirkan. Menurutnya, jika beberapa titik longsor yang berada di lintasan Jeuram-Takengon itu tak segera ditangani, maka tak tertutup kemungkinan ruas jalan provinsi itu akan putus.

Menurut T Zulkarnaini, ruas jalan Jeuram-Takengon itu selama ini telah menjadi urat nadi lajunya perekonomian masyarakat Nagan Raya dan ACeh Tengah. Pasalnya, lintasnya itu digunakan masyarakat untuk memasok aneka hasil pertanian dan perkebunan dari dataran tinggi Gayo ke sejumlah kabupaten/kota di pantai barat selatan Aceh.

Keberadaan jalan lintas tengah itu selama ini sangat strategis dan menghemat jarak tempuh untuk mengangkut hasil pertanian para petani. Bahkan sebaliknya, ruas jalan itu kini semakin padat dilintasi pengguna jalan guna melakukan berbagai aktivitas dikarenakan jaraknya yang tak terlalu jauh.

Karena itu, apabila titik longsor di lintasan Jeuram-Takengon itu tak segera ditangani secara serius, maka ancaman putusnya badan jalan di kawasan pegunungan itu akan segera terjadi. Mengingat jumlah titik longsor yang berada di kawasan itu semakin banyak dan semakin sulit dilintasi pengguna jalan.

Sudah disurati
Menurut T Zulkarnaini, pihaknya telah beberapa kali menyurati Pemerintah Aceh melalui instansi terkait supaya serius menangani titik longsor di lintasan Jeuram-Takengon itu. Akan tetapi hingga kini surat itu belum direspon dan belum ada tindaklanjutnya. Sehingga hal itu sangat mengecewakan masyarakat di Nagan Raya. “Mudah-mudahan masyarakat Nagan Raya dan Aceh Tengah tidak merasa telah dianak tirikan oleh Pemerintah Aceh,”ujar seorang tokoh masyarakat Nagan Raya.(edi)

Sumber : Serambinews.com

1 komentar:

  1. Jalan di pegunungan singgah mata memang seram dan extream sekali
    ditahun 2012 tepat'nya pas saya touring ke aceh
    saya lewat situ,jlnnya rusak tpi pemandangan'nya bgtu memukau sampai saya terjatuh
    semoga pemerintah setempat bisa memperbaiki jln tersebut agar setiap orng yg melintas bisa menikmati pemandangan yg tersembunyi dibalik sembi mekkah

    thanks

    BalasHapus