Senin, 27 Juni 2011

Pertahankan Adat, 15 Warga Terasing Enggan Turun

Wed, May 4th 2011, 14:42

JEURAM - Sebanyak 15 orang masyarakat terasing hingga kini masih bertahan di kawasan pedalaman Gunong Kong dan enggan turun untuk bergabung ke pemukiman masyarakat lainnya di pemukiman baru di Desa Alue Waki, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.
Pasalnya, enggannya belasan warga yang tak ingin turun gunung itu guna mempertahankan adat istiadat lama di kawasan mereka, termasuk faktor usia yang tak memungkinkan untuk turun ke kawasan masyarakat dikarenakan faktor usia. Mengingat belasan masyarakat terasing yang kini masih bertahan di gunung itu rata-rata telah berusia lanjut dengan kisaran umur mencapai 80 tahun hingga lebih.
Camat Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Effendi kepada Serambinews.com, Rabu (4/5/2011), mengatakan, masih bertahannya belasan masyarakat itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya untuk mempertahankan kehidupan tradisional yang selama ini telah dilakoni selama puluhan tahun di kawasan pedalaman tersebut.
Apalagi di lokasi yang sangat jauh dan terisolir di Gunong Kong itu, kata Camat Hamidi, masyarakat yang telah lama menempati kawasan itu memang memiliki rumah sendiri dan lahan pertanian untuk bercocok tanam. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat memang telah memiliki ketersediaan pangan untuk mempertahankan hidup.(dedi iskandar)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar